KARENA CINTA ITU PERSAHABATAN

Assalamualaikum my sweetblog..

Hari ini ada spesial cerpen singkat dariku. Terinspirasi dari seseorang yang selama ini dekat denganku. Semoga suatu hari nanti tulisan ini bisa dibacanya. Entah kapan itu. Judulnya, KARENA CINTA ITU PERSAHABATAN.

Malam ini bener-bener jadi malam yang menyedihkan buatku. Kenapa? Karena aku gak bisa ngerti perasaanku sendiri. Aku baru kali ini merasa seperti ini. Apa kalian pernah sepertiku?

Salahkah diriku ini apabila rasa ini ada di hatiku/ Kau memang sahabatku/ Kau memang teman baikku/ Dan aku jatuh cinta padamu/ Sakit di hatiku bila aku melihat/ Kau tak tersenyum karena cintamu sedang terluka/ Dia menyakitimu dan aku sakit karenanya/ Kau ingin cinta sejati/ Kau ingin ketulusan hati/ Biarkan kunyatakan aku mencintaimu/ Biarkan aku datang di dalam hatimu/ Biarkan kuakhiri rasa sakit di hatimu/ Karena aku sahabat mu/ Aku yang dengan tulus mencintaimu/

Perasaanku persis sama seperti lagu di atas. Tapi aku gak yakin apa bener ini CINTA? Karena buatku cinta adalah proses yang membutuhkan banyak pengorbanan yang tulus dan semuanya terlihat apa adanya

Jadi kesalahanku adalah aku terlalu terbawa perasaan dengan sahabatku sendiri. Dia selama ini memang baik sama aku, tiap hari bbm dengan kata-kata yg manis dan mesra, membuatku merasa aku dibutuhkan. Apa itu yang namanya modus atau modal dusta?

Tapi anehnya, walaupun aku selalu menahannya semampuku, aku berharap kata-katanya itu benar-benar tulus buatku. Kadang aku ragu dengan dia, perasaannya sendiri dan persahabatan kita. Aku takut semua berubah. Aku gak mau kita saling menjauh.

Dan untuk pertama kalinya, dia marah besar ke aku. Dua hari aku diacuhkan dia dan aku bingung, kenapa aku merasa takut dia akan berubah? Akankah ada kalimat-kalimat manis dan mesra itu lagi untukku? Akankah ada sapaan manja itu untukku? Akankah hatinya tetap untukku? Ataukah semua itu hanya harapan kosongku karena dia hanya menganggapku SAHABAT?

Jawaban itu datang. Dia sudah menemukan perempuan lain. Aku sudah merasakan itu bahkan saat dia merahasiakannya. Aku berusaha tegar, berusaha tetap tenang menjaga hati, berusaha kuat dengan kenyataan ini. Dia jatuh cinta dengan perempuan lain, dan itu bukanlah AKU. 

Tapi aku tetaplah sahabatnya. Aku tetap peduli dengan perasaannya. Aku masih keukeuh mendesak dia untuk memberitahuku perempuan seperti apa yang dicintai itu. Dia diam saja, berkata biar waktu yang berbicara. Dan aku tetap saja gak bisa tenang. Aku ingin jawaban itu.

Tanpa sadar, dia mulai meragukan perempuan itu. Dia mulai membuka rahasianya itu kepadaku. Aku tahu hati ini ingin sekali berteriak, Jangan kau pilih dia. Pilihlah aku yang mampu mencintamu lebih dari dia.

Aku tahu perempuan itu akan menyakitinya. Perempuan itu gak tulus sama perasaan sahabatku. Aku bisa rasakan itu. Aku bisa rasakan perempuan itu sama aja seperti perempuan-perempuan goceng yang ada di jalanan. Aku paksa dia buat ngenalin aku sama perempuan itu tapi dia terlalu lama memberikan kesempatan. Kesempatan bertemu perempuan itu sepertinya tidak akan terjadi.

Dia benar-benar patah hati karena ternyata perempuan itu gak cuma dekat sama sahabatku, tapi juga dekat sama laki-laki lain. Saat dia meminta kepastian dari perempuan itu, dia tidak bisa memilih. Perempuan itu sepertinya haus perhatian laki-laki hingga tidak bisa memilih. Ataukah sebenarnya perempuan itu hanya suka saja?

Sahabatku jatuh di jurang yang sama lagi. Mencintai perempuan yang salah. Dulu dia juga sempat jatuh cinta dengan teman sekelas kita padahal perempuan itu gak layak mendapatkan perhatiannya. Aku tahu dia seperti apa dan aku tau perempuan itu gak layak dapatkan dia. Dan aku sakit melihatnya seperti itu (lagi). Sakit karena aku cemburu. Sakit karena aku selama ini menaruh harapan besar buatnya dan ternyata harapannya dihancurkan perempuan lain. Betapa kurang ajarnya perempuan itu!

Terkadang aku berpikir, apa yang salah? Dia yang memang sengaja memberiku harapan padahal harapan itu gak ada? Ataukah aku yang dengan sialnya jatuh ke harapan kosongnya itu padahal aku sudah berusaha keras berpegang pada kata SAHABAT?

Apalah arti semua kata manisnya selama ini? Yang dia cemburu, yang dia ingin memelukku, yang dia berharap bisa dekat denganku? Apa arti semua kalimat-kalimat itu? Sebuah game?

Jujur, aku gak berani membuka chat lama kita. Aku takut hatiku lebih sakit lagi. Aku takut menaruh harapan lagi kepadanya. Aku takut dia tahu selama ini aku benar-benar menyayangi dia.

Sekarang apa yang bisa aku lakukan? Di matanya aku cuma seorang sahabat. Aku gak bisa melakukan apa-apa kecuali memberinya nasehat dan semangat. Aku berpura-pura membuatnya tegar, tapi justru akulah yang lebih sakit di sini. Aku sakit banget. Aku udah pernah bilang ke dia, kalau kamu dapat cewek yang lebih baik, aku ikhlas, aku ikut bahagia. Tapi kalau kamu dapat cewek yang bikin kami sakit hati, aku bakalan marah. Aku gak ikhlas. Aku kecewa. Harusnya dia tau dengan cara ini aku menunjukkan perasaanku yang sebenarnya. Tapi dia tidak pernah sadari itu.

Jauh di lubuk hatiku aku berdoa, suatu hari nanti pasti kamu temukan seseorang yang bisa menjaga hatimu. Seseorang yang tidak ada meninggalkanmu demi orang lain. Seseorang yang baik juga sepertimu. Kamu jaga hatimu biar gak semua orang bisa dapetin hatimu.Maaf aku cuma bisa mendoakan dalam hati saja. Aku gak mau kamu tau sekarang. Aku takut hubungan kita berubah.

Sebenarnya aku mau banget bilang di depan dia. Maafkan aku yang selalu mengelak tiap kali kamu tanya soal perasaanku di chat. Aku gak mau jawab, bukan karena aku gak punya jawaban tapi aku mau kamu bilang di depan mataku sendiri. Aku ingin melihatmu yang dengan malu-malu mengutarakan perasaanmu. Pertanyaanmu itu. Aku sudah punya jawabannya. Selama ini aku yang dengan tulus mencintaimu, sahabatku.

Biarlah kali ini Tuhan yang menjawab doa-doaku. Biarlah Tuhan yang menyatukan hati kita. Biarlah Tuhan yang membawa hatimu kembali kepadaku. Kuatkanlah hatimu sahabatku, tegarlah. Berdirilah dengan gagah seperti selama ini aku mengagumimu. Karena disini ada seseorang yang menunggumu menoleh ke arahnya dan itu aku.

Terima kasih, AVX.

Tinggalkan Balasan

