GARA-GARA IKLAN LOWONGAN KERJA

Assalamualaikum semua.. Alhamdulillah aku masih dapat bertemu lagi dengan blogku tersayang ini setelah kejadian yang mengejutkanku saat melamar kerja tanggal 21 Mei 2013. Jujur saja ini menjadi pengalaman yang berharga buatku. Sejak saat itu aku harus lebih berhati-hati lagi dalam melamar kerja. Pertanyaanku, apakah kasusku ini dapat dilaporkn ke Disnaker sebagai penipuan? Mari aku mulai ceritakan pengalaman ‘pahit’ ini.

Jadi, tanggal 21 Mei itu aku menuju ke alamat sebuah perusahaan yang sedang memberikan lowongan kerja lewat salah satu koran di Surabaya. Aku mengincar bagian administrasi. Berhubung alamatnya tidak terlalu jauh jadi aku putuskan untuk ke sana. Alamatnya di Jalan Karang Menjangan, sekitar kampus pacarku, Unair kampus B.

Dari luar aku melihat kantornya seperti rumah biasa, sempat ragu untuk masuk tapi demi secepatnya dapat pekerjaan aku putuskan untuk masuk. Tidak ada papan nama perusahaan di luar, tapi di dalam ada papan nama PT Brawij*** Mand*** (aku singkat PT BM saja yaa).

Ada mbak-mbak yang menjaga di ruang tamu itu. Begitu aku menjelaskan untuk melamar kerja, mbak itu langsung menginterviewku. Aku kira mbak itu yang punya perusahaan, tapi ternyata besoknya aku disuruh datang lagi jam 07.30 untuk ikut tes kesehatan, tes tulis, tes psikologi, dan tes minat bakat. Waah.. Banyak banget. Kayak tes CPNS aja, pikirku. Begitu aku tanya perusahaan ini bergerak di bidang apa, aku dijelasin panjang lebar tapi gak jelas. Aku cuma nangkepnya di perusahaan itu ada 6 divisi dan salah satu yang dengar itu divisi advertising, flawyer, dan kesehatan. Pas pulangnya, aku sedikit heran juga. Begitu banyak divisi di perusahaan itu tapi kok kantornya kecil dan tidak menaruh papan nama. Tapi aku putuskan untuk datang ke sana esok paginya.

Esok paginya, aku sampai sebelum jam perjanjian. Yang aneh, semua karyawan itu sudah datang semua dan semuanya ngajakin ngobrol aku. Setelah itu gak tau kenapa perutku mulees banget dan aku ijin ke kamar mandi. Dari dalam kamar mandi, aku mendengar ada orang yang teriak-teriak yel-yel gitu. Tambah aneh banget kan? Masa adsa perusahaan yang pagi-pagi teriak-teriak gitu.

Begitu keluar dari kamar mandi aku dan 3 orang lainnya disuruh mengisi formulir. Setelah itu kami semua disuruh masuk ke ruangan secara bersamaan untuk interview katanya. Aku tambah curiga doong, masa interview kok barengan. Akhirnya di dalam ruangan itu, ada salah satu staff yang tadi sempat mengajak aku ngobrol. Pikirku, Oalaah ternyata ini toh pimpinannya. Tapi ternyata pemikiranku salah.

Orang tadi anggap saja Mr. A menanyai kami satu-satu seperti interview tapi tidak secara mendalam. Lalu menceritakan asal berdirinya perusahaan. Mr. A menjelaskan kalau PT BM ini anak perusahaan dari Cobr* Grup Internasional. Awalnya aku terdengar familier dengan nama CGI tapi aku lupa. Mr. A menjelaskan bahwa di tes pertama kami akan melakukan observasi seharian. Haaah?? Aku kaget! Aku kan mau ngelamar jadi admin, kok malah disuruh observasi, terus yang aku teliti apaan??

Setelah itu masing-masing kami diberi satu pembimbing yang akan membantu selama pengamatan. Aku bersama Mrs. M, yang pertama kali kenal begitu terlihat ingin sekali mengakrabkan diri denganku. Aku diajak naik bemo ke arah Sidoarjo. Aku bersama satu pelamar berangkat ke arah yang sama. Aku dan dia sama-sama gak tau mau dibawa ke mana kita. Tapi aku  berusaha tenang.

Ternyata kita dibawa ke Dinas Pertanian yang di Jalan Ahmad Yani itu. Aku mikir, waah apa aku mau disuruh mengamati cara kerja pegawai di sini ya? Tapi ternyata pikiranku ini SALAH BESAR!! Aku diajak masuk ke gang di sebelah Dinas Pertanian, di salah satu warung aku dibayari makan. Waah.. Baik banget ya.. Tapi ada yang aneh. Mbaknya terlihat udah akrab dan kenal banget sama yang punya warung, tapi saat aku tanya sering ke sini dia bilang nggak pernah. Tapi gak mungkin gak kenal lhaa keliatannya mereka akrab. Dan pas aku tanya, mbak sudah berapa lama ikut di PT BM? Dia jawabnya baru sebulan. Tapi aku ngerasa dia bohong. Aku tahu itu dari cara dia ngomong. Ada apa ini sebenarnya?? tanyaku dalam hati.

Setelah makan, barulah aku tahu aku masuk di perusahaan seperti apa. PT BM itu katanya bergerak di bidang pengembangan SDM untuk dilatih menjadi staff atau manager pengelola perusahaan. Mrs. M menjelaskan apa tujuan dibawa ke lapangan. Katanya untuk menggali skill komunikasi, confident, motivasi, management dean leadership, melatih mentalitas juga dan mengenal karakter orang lain. Terdengar keren yaa?? Tapi yang selanjutnya udah gak keren lagi.

Aku mengikuti Mrs. M seharian dengan cuma membawa selembar kertas dan bolpen, tasku tidak boleh dibawa saat meninggalkan kantor tadi. Saat melihat ada bapak-bapak melintas Mrs. M memberika brosur dan menjelaskan panjang lebar tentang brosur itu. Kemudian dia memberikan ke bapak itu sejenis kalung kesehatan yang katanya diberikan secara gratis. Bapak itupun dengan senang hati menerima. Tapi ternyata, Mrs. M menjelaskan kalau bapak itu tidak perlu bayar seharga asli yang sekitar 1,2 juta atau harga pameran sebesar 700ribu karena menjadi korespodensi. Tapi cukup membayar biaya import dan biaya training sebesar 200ribu. Naaahh lhooo.. Di sini aku merasakan penipuan itu.

Mrs. M mengaku sebagai Management Training dan saat melakukan aksi itu tidak jarang dia mengatakan aku sebagai pengawas. Duuuh!! Padahaaall aku kan calon pelamar. (-_-“)Saat aku minta penjelasan ke dia, dia mengatakan kalau itu salah satu cara kita melatih berkomunikasi. Whaaatt??? Ngebohongin orang itu termasuk latihan komunikasi?? (-_-“)

Herannya lagi, Mrs. M kan bilangnya di divisi pengembangan SDM, lhaa di surat tugasnya itu ditulis dari devisi Health Care. Di surat tugasnya juga ditulis pembagian paket sampel hanya berlaku 1 hari padahal setiap hari tugasnya juga kayak gitu tapi di tempat yang berbeda. Kebohongan lagi!

Lucunya, Mrs. M seriiiing tanya apa dia terlihat seperti sales. Dalam hati aku bilang, IYA BANGET TAU GAK!! Tapi aku jaim, aku bilang aja gak. Lalu dia menjelaskan perbedaan Management Training dengan Marketing Training.
– Marketing Training: manusianya dilatih untuk menjadi tenaga penjual yang hebat, produk dijadikan sarana untuk mendapatkan gaji, ada target.
– Management training: manusianya dilatih untuk menjadi tenaga pengelola baik staff atau manager, produk dijadikan sebagai sarana untuk belajar komunikasi, tidak ada target.

Secara kasat mata, apa yang dijelaskan Mrs. M  ini ada benarnya juga. Tapiii tidak sesuai dengan kenyataan yang ada di lapangan seperti yang aku ceritakan di atas. Apalagi aku sehariaan ngikutin dia ke sana sini dan terpaksa mendengar banyak kebohongan.

Akhirnya saat kembali ke kantor, aku kira akan ada tes psikologi, tes minat bakat, tes tulis dan tes kesehatan seperti yang tadi dijelaskan oleh Mr. A tapi ternyata tidak, aku cuma disuruh mengisi pertanyaan seputar kantor dan yang tadi dijelaskan oleh Mrs. M.

Begitu selesai mengerjakan pertanyaan-pertanyaan itu, aku disuruh masuk ke ruangan tadi dan bertemu langsung dengan pimpinannya. Aku ditanya soal seharian itu dan ada satu pertanyaan yang sama dengan yang ditanyakan Mrs. M tadi, setelah kegiatan hari ini apa kamu berpikir akan dijadikan sales? Aku ingin banget bilang IYA PAK, tapi di mulutku malah keluar kata TIDAK PAK walaupun dengan nada ragu.

Daaan tiba-tiba aku diberi selamat karena diterima di perusahaan itu. Whaaatt!!! Kita aja belum ngomongin gaji lha kok aku udah diterima. Aku disuruh dateng lagi besok jam 07.15. Aneh dan gak percaya banget siih. Begitu keluar kantor, mbak yang jagain resepsionis memberi aku selamat dan tiba-tiba pengen melihat KTPku. Yaudah aku ambilin aja. Lhaaa kok tiba-tiba dibilang KTPnya mau dipinjam buat discan. Aku gak bisa nolak lagi walaupun aku sebenernya gak mau.

Begitu keluar kantor, aku minta tolong ke pacarku buat ngambil KTPku lagi. Aku gak mau KTPku disita. Akhirnya, pacarku balik lagi ngambil KTPku 2 jam kemudian. Tapi pas datang malah gak dikembalikan dengan alasan kantor mau tutup. Aku kecewa banget dan marah sama diriku sendiri kenapa aku ngebiarin mbak itu ngambil KTPku. Pacarku yang kebetulan tadi ngelihat KTPku diambil, dia bilang ke aku kalau tadi aku kayak orang linglung, kayak orang dihipnotis gitu jadi nurut aja apa kata mbaknya.

Paginya, pacarku balik lagi buat ngambil KTPku. Tapi dia ngambilnya agak siang sekitar jam 09.00. Untungnya dibalikin sama mbaknya. Yang mengejutkan, pacarku bilang kalau mbak resepsionis yang menyita KTPku itu tidak berpakaian seperti di kantor tapi memakai DASTER alias baju rumah!! Gimana aku gak kaget diceritain pacarku. Mungkin itu perusahaan tipu-tipu. Dan setelah aku search di google, ternyata aku nemuin orang-orang yang pernah mengalami kejadian yang sama denganku di kota yang berbeda.

Silakan dicek di: http://17agustus1945.blogspot.com/2008/08/cobra-group-international.html

Semoga aku tidak pernah mengalami kejadian menganehkan seperti ini lagi dan semoga orang-orang yang tertipu segera menyadarinya. Aamiin..

2 thoughts on “GARA-GARA IKLAN LOWONGAN KERJA

  1. iya nich mbak aku juga pernah ngalami hal yang sama. akhirnya aku ampe coba seminggu kerja disitu tapi aneh tiap pagi selalu teriak-teriak yel-yel tanpa aku tahu maksud dan tujuannya kayak gitu apa. aku juga desuruh keliling sampe pelosok kayak nawar- nawarin sebuah barang gitu. aneh banget. sebelumnya di lowongan kerja aku baca kalo perusahaan itu nyari karyawan untuk staf, admin, sekertaris, stap gudang dan lain- lain. tapi kok akhirnya di suruh ke lapangan dan sama sekali ga ada orang yang bener- bener jadi staf yang telah di sebutkan di lowongan tadi.

  2. Waah.. harus lebih hati-hati lagi ya mbk. Memang skrg cari kerja yg bener-bener agak susah. Semoga dilancarkan ya mbk untuk cari kerjanya. Jangan lupa berdoa semoga diberikan kemudahan. 😊

Tinggalkan Balasan

