Hampir Terkena Jebakan Betmen

Assalamualaikum semuanyaa..

Kali ini aku akan meceritakan tentang pengalamanku baru-baru ini yang cukup mengejutkan sesuai judul di atas. Jadi ceritanya aku melamar pekerjaan lewat situs online yang untuk melamar pekerjaan di situ cukup apply saja. Nah, kemarin hari Selasa pagi, aku cek emailku lewat handphoneku. Ada email masuk dari centralkorporindo@ymail.com dengan subject ‘surat panggilan tes wawancara dari PT.CENTRAL KORPORINDO’. Waaahh.. Kebetulan sekali aku juga sedang menunggu adanya panggilan untuk interview. Aku buka emailnya, tapi aku heran karena dalam bentuk attachment. Dalam pikiranku, “Kok aneh sekali. Selama ini aku menerima panggilan kerja lewat email tidak pernah ada yang mengunakan attachment.” Akhirnya, waktu di kampus aku meminjam laptop temanku untuk mengecek. Ternyata bentuknya dalam Microsoft Word sebanyak 4 lembar.

surat penipuan 1

surat penipuan 2

 

 

 

 

Aku baca perlahan dari atas ke bawah. Timbullah KECURIGAAN. Di bawah ini ada printscreen dari lembar pertama surat itu. Yang pertama membuat saya curiga adalah tidak ada alamat perusahaan. Interview dilakukan di sebuah hotel di luar pulau. Padahal saya melamarnya untuk wilayah Surabaya lhoo. Mengapa untuk interview saja harus ke luar pulau apalagi di sebuah hotel? Mengapa tidak di kantor perusahaan saja?

Yang kedua, nomor telepon kantor menggunakan nomer handphone. Waktu itu temanku sempat bilang, mungkin itu perusahaan outsourcing Lies. Tapi aku dulu pernah juga bekerja di perusahaan outsourcing yang pusatnya di Jakarta dan kantor lamaku itu punya telepon kantor tetap yang dapat dihubungi. Jadi aku rasa sangat mencurigakan sekali jika semua nomor yang tercantum menggunakan handphone.

surat penipuan 3

surat penipuan 4

 

 

 

 

 

 

 

Kecurigaan ketiga, peserta diwajibkan reservasi tiket di tempat yang ditentukan dan biaya nanti akan diganti setelah peserta sampai di tempat interview. Ada yang harus dicurigai. Mengapa harus reservasi di travel tertentu dan bila tidak pesan di travel itu uangnya tidak diganti? Mengapa perusahaan sebesar itu harus menombok dulu uang peserta? Temanku bilang, mungkin biar peserta jadi datang Lies. Takutnya nanti sudah dikirimi uang transport malah tidak datang. Nah, mengapa perusahaan sebesar itu yang sanggup melakukan kerjasama dengan travel, tidak membiayai biaya transport pelamar dahulu padahal hanya 5 orang saja?

Yang keempat, nomor telepon travelnya juga menggunakan handphone dan tidak ada alamat kantor travelnya. Sudah alamat perusahaan yang mengadakan recruitment tidak ada, alamat travelnya juga tidak ada. Telepon yang dapat dihubungi juga handphone. Setahu saya, semua perusahaan travel pasti ada nomor telepon tetapnya.

surat penipuan 5surat penipuan 6

 

 

 

 

 

 

 

Akhirnya, karena kecurigaan saya yang begitu besar dan tidak percaya dengan apa yang dikirim di email ini. Saya putuskan untuk tidak memperdulikan email yang dikirimkan ke saya. Saya rasa ini penipuan berkedok perecruitan karyawan. Dan saya share mungkin agar dapat diambil manfaatnya untuk yang lain. Karena teman-teman saya awalnya juga banyak yang tertipu. Tapi sekali lagi, harap lebih teliti menerima email atau surat yang seperti ini.

Tinggalkan Balasan

