AyAh bIcaRa aBoUt lOvE…

Kemaren malem pas Ayah ngajak aku belanja sayur malem-malem, tiba-tiba aja ayah ngobrolin hal yang jarang banget kita obrolin yaitu tentang CINTA!!! Awalnya ayah ngomongin tentang prinsip hidup tapi lama-lama kug jadi ngomongin soal cinta. Apalagi aku baru tau gimana pandangan ayah tentang cinta itu. Jadi kemaren kira-kira kita ngomongnya kayak gini tapi udah aku transletin ke bahsa Indonesia kug. hehehe…

“Lies, kalau kamu gag punya kemampuan itu gag usah ngejek-jelekin orang lain di depan orang banyak. Itu namanya pengecut,pecundang. Kalau ingin dianggap tinggi sama orang lain itu buktiin dengan nunjukin apa yang kamu bisa bukan dengan ngerendahin orang.”
“Lha ayah kug tiba-tiba ngomong kayak gitu seh.. Aneh!”
“Lho, ayah itu ngasih tau biar kamu jadi anak cewek yang gag pengecut. Kalau kamu gag bisa nyaingin kemampuan seseorang di hal yang sama, kamu nyari kelebihan lain dari kamu yang bisa kamu tunjukkin.”
“Ioo yahhh… Tapi ayah ngomong gini gara-gara ibu kan? Halah yah, walaupun ibu secara gag langsung udah ngejelek-jelekin nama ayah, tapi aku juga punya kala kug buat tau mana yang over mana yang wajar. Ayah gag usah takut nama ayah jelek di mataku.”
“Lha ibumu seh.. ngomong yang aneh-aneh tentang ayah.. Yang ayah pacarnya dulu banyak jelek-jelek. Padahal ibumu gag tau pacarya ayah yang cakep-cakep.”
“Hehehehe… ayah kug gag cerita aja ke ibu lho kalau ayah punya pacar yang cakep,haioo…”
“Ayah itu ngehargai ibumu. Soalnya di mata ayah aslinya ibumu gag ada apa-apanya,Lies. Cuma ayah udah pegel di jelek-jelekin di depan anak-anaknya ayah, pas ada Mas Endut juga ibumu ngomong kayak gitu.”
“Yah, gag papalah.. Anggep aja ujian kesabaran buat ayah.Biasanya kan ayah diuji aa anak-anak yang ndableg, sekarang sama ibu.. hehehe..”
“Huuu.. malah ngomong kayak gitu.”
“Eh.. yah, tanggung jawab yah! Gara-gara ayah sama ibu pas masih muda punya pacar banyak, sekarang aku malah gag punya pacar loh..”
“Lho, ayah malah seneng kalau anak-anaknya ayah gag punya pacar. Soalnya belajar dari kesalahan ayah sama ibu, punya pacar banyak itu gag baik.”
“Lho kenapa yah.. Aneh!”
“Lha iya lho… Pertama, kalau anak cewek udah jatuh cinta itu pasti nemen. Gag akan mudah ngelupain. Sedangkan anak cowok itu gamapang ngelupain. Lha ayah gag mau kamu atau adik-adikmu ngawur pacaranya. Mending pacaran sama satu orang yang cocok terus jadi pasangan samapai mati. Daripada pacaran berkali-kali tapi gag ada hasilnya.”
“Bener juga sih yah..”
“Terus, dengerin omongannya ayah ini Lies.. Gag usah ngarepin orang yang kamu senengi.Tapi harepin ada orang yang sayang sama kamu. Soalnya di orang yang sayang sama kamu ada yang namanya kesetiaan, tapi di orang yang kamu sayangi ada yang namanya perselingkuhan. Ngerti? Gag usah ngarep-ngarepin orang, gag usah ngejar-ngejar orang. Malah orang itu akan nyakitin kamu. Seneng biasa sih gag papa, tapi gag usah main hati dulu kan masih kecil umurmu.”
” Yah, tapi di tv-tv kug banyakan cowok yang selingkuh lho.. haioo…”
“Cowok itu Lies punya yang namanya jiwapetualang. Cowok itu seneng menjelajahi cewek satu-satu. Maknya banyak cowok yang selingkuh. Tapi buat ayah,selingkuh itu gag mungkn. Ayah emang sering diajak balikan sama mantan-mantannya ayah. Tapi ayah gag mau, ayah mikirin anak-anaknya ayah. Ayah bakalan maluu kalau anaknya ayah sampai ngecap ayah tukang selingkuh.”
“Lahh,yah.. kug kayak anak muda aja.. Ngajak balikan segala..”
“Nah, itulah sifate cewek Lies.. KALAU cewek ketemu sama mantannya, kebanyakan pengen ngajak balikan.. Apalagi kalau udah nikah terus ketemu mantannya. Cewek itu kan sering pake perasaan tapi gag diimbangi sama akal..”
“Nah.. ayah ndiri juga terlalu baik sama manatannya ayah.. Makanya ibu jadi kayak gitu..”
“Ibumu itu takut kalau ayah ninggalin dia. Padahal itu gag mungkin. Buat ayah, nikah itu sehidup semati Lies. Apalagi ayah udah janji sama Mbah Nang. Makanya ayah gag ada keinginan buat ngeduain ibumu. Tapi emang dari sikapnya ibumu itu ayah tau kalau ibumu itu sayang sama ayah.”
“Yah, jadi pas aku jadian sama Ara, terus ayah gag suka itu gara-gara ini ta?”
“Ayah itu tau Lies kamu seneng sama Ara tapi ayah gag ngeliat Ara seneng kamu seperti kamu seneng sama dia. Dari situ ketahuan gimana masa depanmu bareng Ara.”
“Iea yah.. aku disakiti sama dia.”
“Nah, sekarang kamu ngerti kenapa ayah setuju kamu jadian sama ini atau itu, kamu gag boleh jadian sama ini atau itu. Sekarang kamu harus bisa nyari tau sendiri, cowok itu pantes gag buatmu. Ayah ngomong kayak gini soalnya udah menilai kamu cukup dewasa buat ngert yang namanya cinta.Kalau dulu emang ayah biarin kamu ngerasain dulu biar kalau pas ayah ngomong kayak gini kamu percaya.”
“Iya yah… Aku ngerti banget!”

Dan sejak saat itu aku mulai mikir kalau sebenernya sikap ayah yang sangat overprotective banget ke aku itu nunjukin kalau ayah sayang banget sama aku. Ayah gag mau aku jadi cewek rusak yang gag bener. Kadang aku mikir mungkin ada sesuatu yang ngebuat ayah terlalu melindungi aku dan ternyata ini sebabnya. Sejujurnya apa yang ayah bilang itu semuanya bener. Bahkan yang paling simple tentang akupun dia selalu bener. Dan sekarang aku ngerti kenapa ayah menyetujui hubunganku sama Ozi.Mungkin di hadapan ayah, Ozi keliatan tulus sayang sama aku.

Tapi semua udah selesai. Ceritaku sama Ozi.. Dan saat ini aku masih males buat pacaran lagi apalagi setelah denger itu smeua dari ayah. Mungkin aku bakalan nunggu Ozi-Ozi lain yang bisa ngeluluhin hatiku dan juga kedua ortuku. Dan Rere, aku tau sampai mati juga dia gag mungkin bisa sayang sama aku seperti sayangku ke dia. Karena itu aku akan belajar ngelupain Rere.. Walaupun susah, aku akan pelan-pelan aja..Heheheh… Biar aku sekarang jomblo aja buat dapetin yang terbak dari yang terbaik.

2 thoughts on “AyAh bIcaRa aBoUt lOvE…

Tinggalkan Balasan

