TeNtAnG dAtE rApE

WUIh.. sudah lama banget aku ‘menelantarkan’ my blog. Secara tugas-tugas banyak banget yang mengantri… Salah satunya tugas BK tentang kenakalan remaja. Suruh milih sendiri topiknya.. dan akhirnya dengan segenap jiwa dan raga, aku yakin memilih tema SEKS PRANIKAH UNCOOL.Nah.. yang mau aku bahas adalah salah satunya yaitu tentang date rape.

Ternyata masih banyak perempuan di zaman serba Hi-Tech seperti sekarang yang masih saja menuruti di bawah ancaman-ancaman kaum pria (sebagai pacarnya).Dengan alasan, takut berpaling ke perempuan lain atau bahkan takut disakiti. Having an abusive boyfriend ternyata tidak hanya dialami oleh perempuan-perempuan di negara berkembang tapi juga di negara maju. Dan hal ini tidak hanya berasal dari kalangan yang tingkat pendidikannya rendah, tapi juga dialami oleh kalangan berpendidikan tinggi.
Untuk menghindarinya, kita merti percaya bahwa segala bentuk kekerasan, secara fisik atau psikis adalah pelanggaran atas HAM utuk merasa bebas dan aman. Apalagi kalau kemudian terjadi pemaksaan seksual. Dari mulai Cuma ingin mengelus sampai memaksa berhubungan seks. Kalau menolak pasti kena bentak, ancaman bahkan pukulan. Kenyataannya banyak wanita yang akhirnya menyrah atau tidak berani melawan karena sudah mengalami siksaan secara psikologis sebelumnya.Misalnya, dibuat percaya bahwa dirinya jelek dan tidak laku, bahwa tidak ada lagi yang sayang sama dia kecuali pria itu, bahwa penyiksaan itu sudah sepantasnya dia dapatkan.
Pemaksaan seksual jagu bisa terjadi dengan orang yang baru dikenal.Inilah yang oleh beberapa ahli disebut dengan date rape atau acquintance rape. Marry Koss adalah seorang remaja yang pertama yang memuat buah pikirnya tentang date rape di sebuah majalah di Amerika Serikat. Karena dialah, akhirnya jutaan wanita di dunia bisa mengenal istilah date rape. Menurut seorang psikolog, Peggy Elam, date rape adalah hubungan seksual yang dipaksakan dari atau pada orang yang dikenal.


Mengapa disebut date rape? Karena umumnya pemerkosaan ini terjadi pada saat ‘ngedate’ atau berkencan. Kalau tidak ditekan atau diancam, korban dibuat tidak sadar dengan cara ‘dibius’ oleh sejenis obat yang dimasukkan ke dalam minumannya. Hebatnya, obat yang kemudian dikenal dengan nam Rhophinol, Gamma Hydroxy Butyrate (GHB) dan Ketamine Hydrochloride ini tidak meninggalkan bau,rasa atau warna pada minuman. Polisi saja sulit menemukannya kecuali memang sengaja dicari dengan bantuan lab kriminal.


Banyak yang masih bingung mengapa date rape dapat terjadi, apalagi karena terjadinya dengan orang yang sudah dikenal. Patokannya, segala hubungan antara pria dan wanita (mulai dari sentuhan sampai hubungan seks) yang terjadi tanpa persetujuan salah satu pihak sudah bisa dianggap perkosaan atau pelecehan seksual. Kalau ada wanita yang menolak dengan berkata ‘tidak’, pasangannya harus menerimanya sebagai ‘tidak’, bukannya ‘tidak..eh,iya’. Selain itu pria yang melakukan date rape harus disadarkan bahwa dia melakukan sebuah tindakan kriminal.
Kenyataan bahwa date rape ini ada dan bahkan banyak terjadi di sekitar, mestinya tidak membuat kita takut untuk berinteraksi dan beraktivitas. Yang penting kita tidak menurunkan tingkat kewaspadaan kita, bahkan saat bersama seseorang yang kita kenal sekalipun.

Salah satu caranya dengan:
 Saat berada di tempat yang tidak kita kenal, jangan mau menerima minuman dari orang yang baru kita kenal atau yang tidak bisa dipercaya. Ambillah minuman sendiri dan jangan meninggalkan minuman tanpa pengawasan orang kepercayaan kita.
 Hindari obrolan yang agak ‘mengarah’. Bersikap tegas menplak segala bentuk sentuhan yang membuat kita tidak nyaman.
 Pasang mata dan telinga,kalau dalam sebuah obrolan kita mendengar istilah-istilah aneh yang sepertinya mengarah pada obat-obatan, apapun bentuknya segera tinggalkan tempat tersebut dan jangan kembali lagi.
 Apabila kita berhubungan dengan pria yang suka memaksa atau pernah mengalami date rape, segera laporkan ke orang yang bisa kamu percaya bila perlu ke pihak yang berwajib.

Semoga saja ini menjadi pengetahuan baru buat yang belum tahu. Soalnya ini penting banget dalam menjaga harga diri kita. Wetz… lah kok malah jadi dalem? HeHeHE..

Iklan

7 thoughts on “TeNtAnG dAtE rApE

  1. Iya, di jaman keterbukaan ini, segala sesuatu bisa terjadi…
    kontrol kita sangat diperlukan
    Menjaga diri dan harga diri itulah harta seorang perempuan yang paling berharga

    setuju…setuju..

  2. wah ini memojokkan gue dong..Gue seneng maksain cewek intim. habis minta juga kagak mau. Terpaksa deh. Maapin ya cewek2 yang pernah tak paksa.
    klo pingin lagi…. telpon gue aja. entar tak kasih lagi..
    nggak usah nangis ya …. ….. ….. ….

  3. lagian buat apa pake nangis . Kan sama enak gitu…..
    dasar cewek…
    diajak enak kok malah nangis…….

    wehh… mereka tuh ngejaga harga diri mereka… tau..

  4. Hem… menarik sekali artikel diatas.

    Jadi tahu apa maksudnya “Date Rape”, jadi begitu toh. Yah tips yang sangat bermanfaat, jadi bisa lebih berhati-hati. Thanks Liecha.

    SAma2 aku juga seneng sudah ngasih informasi yang berguna

  5. hwahh..makanya buat gadis2 diharapkan berbusana sopan..meskipun keren kan msi bisa sopan ya gaa..
    setidaknya..cow2 usil jadi bakal segan ngeliatnya..
    nahh klo kita pake ny yang minim2..sperti itu lah cerminan kita dpan cow2 usil itu..

    betullll…. bgt..!!! tapi di juaman sekarang itu nggak usah pake pakaian minim.. juga diusilin sama cowok usil…mbak!!!
    mungkin saking cantiknya.. yagh???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s