Oishii!!!

Jepang nggak hany terkenal dengan musik, manga, dan fashionnya yang hip. Tapi juga makanannya yang enak-enak. Yuk… kita cicipin berbagai makanan ringan khas Negeri Matahari Terbit ini. Itadakimasu!!

takoyaki

takoyaki

Takoyaki.

Ini dia snack favorit dan populer di Jepang. Bola-bola tepung berisi potongan daging gurita (tako=gurita) ini memang yummy. Apalagi kalau dimakan panas-panas dan disajikan dengan taburan nori(rumput laut), saus dan mustard atau mayonaise. Nyam..nyam! Saking nikmatnya makanan inin di daerah Kansai, takoyaki bahkan naik pangkat. Bukan lagi sebagi snack pengganjal perut tapi juga dimakan sebagai lauk teman nasi.

Mochi.

Kenal dong dengan kue kenyal ini? Di Jepang walaupun tersedia setiap saat, tapi mochi identik sebagi camilan menyambut tahun baru. Makanya masyarakat Jepang punya upacara khusus membuat kue mochi yang bernama mochitsuki! Upacara itu diisi dengan membuat mochi secara tradisional yaitu dengan menggunakan lesung dan alu.

Legenda Jepang mengatakan bahwa ada sekelompok kelinci pembuat mochi di bulan. Makanya permukaan bulan jadi bopeng-bhopeng.Soalnya kelinci tersebut terlalu keras menumbuk adonan mochi. Anyway hati-hati loh saat makan mochi. Di Jepang terdapat banyak laporan orang (umumnya manula) yang meninggal karena tersedak mochi gara-gara teksturnya yang lengket dan susah dimuntahkan lagi.

MocHi

MocHi

DoRaYaKi

DoRaYaKi

Dorayaki

Ini adalah kue favorit Doraemon. Kue manis yang bentuknya mirip dua pancake kecil yang dijadikan satu ini paling enak dimakan ditemani teh hijau. Di balik bentuknya yang simple, sejarah pembuatan dorayaki unik loh! Menurut legenda, zaman dulu ada seorang samurai bernama Benkei yang tidak sengaja meninggalkan gong (dora=gong) miliknya di rumah seorang petani. Akhirnya si petani memanfaatkan bulatan di gong ini sebagai ganti wajan dan menggoreng adonan di atasnya. Jadi deh dorayaki pertama di dunia.

Onigiri

Kalau pernah membaca manga yang ada adegan pikniknya, para tokohnya sering membawa bekal nasi kepal berbentuk segitiga. Nasi kepal ini bernam onigiri populer banget dan sudah dikenal sejak dulu.Soalnya camilan ini paling gampang dibuat tapi bisa bikin perut kenyang selama berjam-jam. Fillingnya juga dapat diisi sesuai selera misalnya abon,acar,wijen,jamur shitake, atau salmon goreng. Tinggal pilih. Tapi katanya onigiri paling enak dibuat secara manual yaitu dikepal dengan tangan. Soalnya ada yang bilang kalau onigiri buatan pabrik rasanya kurang sedap karena norinya lengket banget.

OnIgIrI

OnIgIrI

Okonomiyaki

oKOnOmIYaKi

oKOnOmIYaKi

Okonomi artinya sesuka kita, yaki artinya memasak. Jadi, okonomiyaki artinya makanan ynag dimasak sesuka kita. Adonan dasarnya terdiri dari tepung, ketela, kaldu, telur, dan kol. Biasanya topping standarnya adalah bawang, daging, udang,gurita,keju, dan sayuran. Tapi mie goreng dan mochi juga bisa jadi alternatif topping yang nggak kalah enak. Okonomiyaki sering disebut-sebut sebagi Japanese pizza atau Japanese pancake.

Beda daerah  beda cara memasaknya loh. Di Osaka, adonan okonomiyaki ini digoreng di kedua sisi persis seperti membuat pancake. Di Hiroshima, adonannya dibuat berlapis-lapis ,sedangkan di Kansai cara memasaknya dengan dicampur dan mengaduk semua adonan jadi satu. Yang manapun cara memasaknya kabarnya makanan ini banyak sekali penggemarnya.

Tertarik mencobanya…?? Jangan lupa ajak-ajak aku ya..??

Iklan

4 thoughts on “Oishii!!!

  1. didta: nggak koq mbak… aku masih di surabaya.. cuma seneng hunting makanan aja..

    makacih ya buat kommentnya..

    ainulfahmi: Wes mesti low.. Lah udah diuji coba kok…
    Heee…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s