LiKe tHe rEaL!!

Pasti banyak dari kita yang mengira kalau banyak kejadian yang kita lihat di film tidak mungkin terjadi di kehidupan nyata. Yakin? Sudah nonton film kayak Ice Age:The MeltDown, Happy Feet, Sunshine atau Over the Hedge? Walaupun sekilas film tersebut kayak animasi komedi, tapi banyak banget peringatan buat kita semua lohh…

The Melt Down

Ice Age: The Melt Down

ICE AGE-The Melt Down: Es Meleleh

Yang kita tahu selama ini di daerah kutub tertutup dan dipenuhi es yang dingin banget. Tapi tahu tidak kalau sekarang kutub sudah tidak sedingin dulu lagi. Sudah banyak es yang mencair disana. Suhu rat-rata di kutub aja naik 2 kali lipat dari daerah manapun di dunia ini. Tidak heran kalau balok es terbesar di kutub, Word Hunt Ice Shelf, yang sudah ada disana sejak 2000 tahun yang lalu mulai retak pada tahun 2000 lalu. Hanya butuh 2 tahun dari sekarang balok es itu terbelah yang nantinya bisa mengakibatkan kehancurannya. Penyebab utamanya, pasti kalian tahu.. global warming!!

Penyangkalan: “Kan, cuma ada di Kutub!” Justru karena terjadi di kutub, kita harus lebih waspada. Soalnya daerah ini paling sensitif terhadap perubahan iklim. Dengan melelehnya es di Kutub, permukaan air laut akan naik dan garis pantai akan terkikis. Bisa-bisa rumah kita semakin dekat dengan laut. Itu baru efek kecilnya. Efek terbesarnya mungkin sama persis debgan film Ice Age: The Melt Down. Yaitu datangnya banjir besar yang memusnahkan sebagian besar makhluk bumi.

Ward Hunt Ice Shelf

Ward Hunt Ice Shelf


Happy Feet

Happy Feet

HAPPY FEET: Ikan Punah

Jangan kita termakan pepatah lama yang bilang masih banyak ikan di laut ( plenty of fish in the sea). Kenyataannya, ikan semakin jarang di laut! Sebuah penelitian memperkirakan bahwa tahun 2048, seafood akan punah. Karena ikan yang kita makan itu adalah rantai makanan ikan itu sendiri. Ikan-ikan iu terancam musnah karena belum sempat berkembang biak. Saat ini sudah tercatat 98 jenis ikan yang telah punah.

Penyangkalan:”Salahkan saja nelayan!” Memang sih,banyak nelayan yang bandel memakai bom ikan dan memancing ikan di kawasan terlindung. Tapi penyebab utamanya adalah POLUSI. Pencemaran laut dan perubahan suhu air lah yang menyebabkan ikan-ikan tidak bisa berkembang biak. Efek yang mungkin akan kita rasakan adalah kita tidak bisa makan ikan lagi dan tidak bisa melihat keindahan laut lagi karena karang-karang kosong tak berpenghuni. Tapi efek paling buruk dirasakan oleh makhluk yang perlu ikan dalm rantai hidupnya. Kasihan kan kalu binatang kayak burung camar, beruang kutub dan  penguin di  Happy Feet JADI KELAPARAN…

Over the Hedge

Over the Hedge

OVER THE HEDGE: Hutan Habis

Banyak orang tidak sadar kalu pohon bisa menghidupi banyak makhluk hidup terutama manusia. Pohon menghasilkan oksigen untuk bernapas, menyejukkan udara, bikin suasana rimbun dan tempat berlindung bermacam-macam hewan. Seharusnya dengan melihat fungsinya yang amat besar,kita jadi lebih sayang sama pohon. Bukan menebangnya secara semena-mena.

Penyangkalan:”Pohon kan masih bisa ditanam lagi!” Pohon memang masih banyak, tapi tidak cukup banyak melawan polusi yang terjadi saat ini. Semakin hari semakin banyak pohon yang ditebang untuk pembangunan. Artinya semakin sedikit lahan buat pohon tumbuh. Memang pohon masih bisa kita tanami lagi, tapi butuh bertahun-tahun untuk tumbuh. Sedangkan dalam semenit kita bisa menebang sebuah pohon! Seperti teman-teman RJ si musang di film Over the Hedge, yang kaget melihat hutan mereka tinggal sejengkal dan dikelilingi perumahan ketika bangun dari masa hibernasi.

Sunshine

Sunshine

SUNSHINE: Matahari Padam

Matahari kadang bisa menyebalkan. Selalu menjadi sumber masalah kepanasan cuaca dan penyebab utama kulit kita menjadi hitam. MUngkin akan menyenangkan apabila tidak ada matahari. Eits, yakin tidak mau ada matahari di bumi kita? Kalau sudah tidak ada matahari artinya banyak pohon yang akan mati. Manusia juga akan menjadi makhluk yang pucat dan rapuh karentidak mendapat asupan vitamin D. Kenyataannya matahari adalah penompang hidup manusia. Begitu matahari padam, maka padam juga kehidupan di bumi.

Penyangkalan:”Tidak mungkin terjadi!” Semua orang pasti amat merasa tidak percaya ini akan terjadi di kehidupan kita. Karena matahari padam itu seperti imajinasi yang terlalu tinggi dan jadi mimpi buruk. Percaya atau tidak,padamnya matahari itu mungkin saja terjadi. Bahkan sudah ada penelitian yang meneliti kemungkinan matahari padam. Seperti Isaac Newton yang berteori, kalau matahari meledk maka bumi akan terlempar jauh. Ini artinya bumi akan jadi planet yang dingin karena tidak kebagian sinar matahari. Mungkin film Sunshine bisa menjadi media terampuh menggambarkan bagaimana bila matahari padam.”If the sun dies, so do we.” Hiy seremmmm…!!!


Iklan

2 thoughts on “LiKe tHe rEaL!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s