JaTuh cINtA KOk tAkUT?

Tahu nggak kalau ternyata ada juga orang-orang yang justru takut setengah mati saat merasa jatuh cinta? Menurut para ahli ketakutan seperti ini disebut philophobia alias phobia terhadap jatuh cinta.

SEPERTI PHOBIA BIASA

Philophobia adalah ketakutan yang kuat banget buat mencintai sesuatu yang sebenarnya tida atau sedikit berbahaya. Cntohnya bagi seorang philophobic,dia akan merasa takut banget buat PDKT sama cowok yang ditaksirnya. Ketika seorang philophobic harus berhadapan dengan cowok yang ditaksirnya dia bisa langsung terserang rasa takut, cemas dan panik. Gejala ini memang mirip dengan rasa nervous kita saat first date bareng cowok yang kita taksir setengah mati. Tapi bedanya, seorang philophoibic merasa takut banget dan insecure padahal wajarnya meskipun kita nervous banget saat ketemu gebetan, tapi kita tetap ingin dekat dengannya. Nah, buat seorang philophobic kedekatan dengan seseorang yang mereka sayangi itu justru malah menjadi ancaman!

ALASANNYA TIDAK RASIONAL

Rasa takut ini yang membuat seorang philophobic menarik diri saat dekat dengan orang ayng dia sayangi. Ada yang takut bakalan ditinggalin sama orang tersebut,ada juga yang merasa tidak berharga lagi untuk orang itu karena merasa melakukan kesalahn padahal mereka tidak melakukan kesalahan apapun. Ketakuta buat jatuh cinta seorang philophobic beda dengan ketakutan orang terhadap sebuah komitmen. Orang yang takut terhadap komitmen masih bersikap normal kalu berhadapan dengan orang yang disukainya, mereka baru cemas saat orang yang dekat dengan mereka mulai maju ke tahap yang lebih seriua. Sedangkan philophobic baru pada tahap PDKT saja sudah sangat cemas,apalagi kalu sampai diajak buat seriua pacaran.

PENGALAMAN NGGAK ENAK

Sebenarnya philophobia merupakan suatu pertahanan bawah sadar terhadap suatu hal. Bisa jadi seorang philophobic mempunyai masa lalu yang buruk. Jatuh cinta yang indah berubah menjadi sebuah trauma emosional. Misalnya ditolak sama orang ayng pertama kalinya dia sukai. Saking sedihnya dia kapok buat jatuh cinta lagi. Apalagi kalau mereka mendengar atau melihat peristiwa yang lebih menyedihkan, mereka tambah tidak percaya lagi dengan yang namanya jatuh cinta. Karena mereka berpikiran kalau jatuh cinta itu nggak enak dan nyeremin. Dan biar sesuatu yang nggak enak dan nyeremin itu nggak terjadi,mereka memilih menghindari cinta.

KUNCINYA BERPIKIR POSITIF

Supaya tidak antipati lagi sama yang namanya cinta,philophobic harus dikenalkan dengan obyek cinta yang positif. Misalnya,sahabat ayng baik atau orang tua yang sayang asama anaknya. Dengan begitu secara perlahan mereka akan sadar kalau cinta itu ada dan nggak nyeremin. Bisa juga dengan sering-sering mendengarkan curhatan mereka karena biasanya mereka sering memendam kesedihannya sendiri.

Iklan

2 thoughts on “JaTuh cINtA KOk tAkUT?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s